Terkini

Kini WhatsApp Bisa Melakukan Call Group dan Video Call Group

 

Hidup di era digital membuat dunia seakan dalam genggaman, kalau dulu untuk tahu informasi terkini, ada jeda untuk informasi tersebut benar-benar sampai di kita –  karena dulu pilihan untuk mengakses berita hanya melalui koran, radio dan televisi. Buat yang hidup di era tahun 90an, pasti ngerasain nonton “Dunia Dalam Berita” nya TVRI, untuk dapetin informasi terkini mengenai apa yang terjadi di belahan dunia lain. Nah, kalau sekarang, kejadiannya semenit yang lalu, gak nyampe sejam juga bakalan kesebar, bahkan media-media online berlomba nutuk menjadi yang tercepat walau belum tentu menjadi yang ter-tepat.  Belum lagi peran sosial media, coba ada berapa informasi yang kita tahunya malah dari sosmed instead of media. Satu lagi ni yang juga bisa jadi sumber menyebarkan infomasi adalah grup chat di aplikasi messanger. Nah salah satu aplikasi chatting yang popular di Indonesia adalah WhatsApp. Kalau kata babang Mark Zuckerberg, pengguna aktif WhatsApp per bulan mencapi 1,5 Miliar. Angka yang wow fantastic baby. Coba deh siapa yang baca ini, bukan pengguna WhatsApp? rata-rata orang di Indonesia memakai WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari. Selain untuk chat melalui jalur pribadi a.k.a japri, WhatsApp juga mengakomodir adanya grup. Ada berapa grup yang kamu punya di WhatsApp? mulai dari grup SD, grup SMP, grup SMA, Grup Kuliah, Grup kantor, Grup Arisan, Grup ex kantor, bahkan mungkin ada yang punya grup mantan, who knows kan ya.

Kita, orang Indonesia emang suka bikin grup. Bahkan, buat yang receh-receh aja ada grupnya, karena pada dasarnya orang Indonesia emang suka ngobrol dan kumpul-kumpul, baik di dunia nyata maupun di dunia online. Dan grup di WhatsApp bisa jadi salah satu medianya.

Ngomongin soal grup di WhatsApp, sekarang kita bisa melakukan panggilan secara grup. Jadi setelah fitur call dan video di WhatsApp yang tadinya hanya bisa buat nelpon satu orang layaknya konsep menelepon pada umumnya, nah sekarang kia bisa menelepon lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan, alias conference call dan conference video call. Tapi syaratnya update dulu aplikasi WhatsAppsnya. Kalau udah diupdate, baru deh kita bisa melakukan panggilan grup. Oh ya sebelum nyoba, pastiin juga teman-teman yang mau di telepon sudah meng-update WhatsApp nya. Nah nanti tampilannya akan seperti ini :

Trus, gimana caranya untuk bisa melakukan call grup? Sebenernya sama aja sih dengan cara nelpon yang sebelumnya, hanya saja bedanya, nanti akan muncul icon untuk menambahkan orang yang akan ditelpon, contoh nya seperti ini :

 

Liat kan icon yang saya lingkari kuning? nah nanti tinggal pencet aja icon itu, trus pilih deh siapa yang akan diajak conference nah kalau orang berikutnya belum meng-update WhatsAppnya, biasanya nanti akan muncul informasi yang intinya si orang tersebut unable to reach. Tapi kalau si orang berikutnya yang mau ditelepon itu sudah meng-update WhatsAppnya, maka langsung ada nada panggil, dengan tampilan seperti di gambar sebelumnya. Untuk saat ini yang bisa diajak conference baru untuk empat orang

Dengan adanya fitur baru ini sebenernya bisa membantu untuk meeting-meeting kecil yang susah ngatur jadwal ketemunya. Atau buat cewe-cewe bisa buat sarana ngegosipin bos di kantor. 

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *